Lirik Lagu Sinopsis Film Gaya Hidup
Blackberry LG Mobile Nokia Samsung Sony Ericsson
Klasemen L.Italia Klasemen L.Inggris Jadwal Liga Italia Jadwal Liga Inggris
Resto Enak di Jakarta Resto Romantis di Jkt Hokben Delivery Bakmi GM Delivery PHD - Pizza Hut
Rabu, 30 Desember 2009 | 00.53 | 0 Comments

9 Berita Lokal Terpopuler di Twitter Sepanjang 2009

http://www.rsc.org/images/birdandt_tcm18-151058.jpg
Trending Topics Twitter senantiasa memunculkan 10 berita yang tengah ngetrends tiap waktunya. Data pengguna Twitter di Indonesia menurut TwitterHolic terdapat lebih dari 10.000, meski jumlahnya sedikit namun 10 topik ngetrend (Trending Topics) di twitter senantiasa menghadirkan berita lokal sebagai salah satunya.

Trending Topics adalah kumpulan topik atau tema pembicaraan yang sedang hangat-hangatnya dibicarakan oleh “warga” twitter. Nah, dibawah ini merupakan 9 berita lokal terpopuler di Twitter sepanjang tahun 2009 dikutip dari Okezone.

1. Bomb Jakarta
17 Juli 2009 Jakarta kembali diguncang Bom. Peristiwa yang terjadi di 2 hotel ini sempat masuk 5 besar topik ngetrend mengalahkan topik tentang Michael Jackson di posisi 6. Sedang Topik tentang Jakarta ada di posisi dua. Namun demikian topik Harry Potter masih tetap mendominasi warga twitter.

2. Mbah Surip
Kematian penyanyi trendi “Tak Gendong” 4 Agutus silam menyita perhatian warga twitter. Topik Mbah Surip menjadi topik ngtrend posisi puncak mengalahkan topik tentang Bill Clinton dan menyingkirkan topik tentang Michael Jackson.

3. Batik
Topik ngtrend tentang Batik sebenarnya ada 2, pertama “Happy Batik Day” dan kedua “Batik” itu sendiri. Happy Batik Day ada diperingkat 7 sedang Batik di posisi 9. Topik ini ngetrend setelah unesco meresmikan batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia pada 2 oktober lalu.

4. IndonesiaUnite

Setelah 2 ledakan bomb terjadi di Jakarta, tak lama setelah itu warga twitter menyuarakan IndonesiaUnite sebagai gerakan penyadaran bangsa Indonesia tidak takut akan teror. Topik ini sempat berada di puncak topik ngetrend.

5. BukaSemangatBaru
Coin A Chance, sebuah gerakan sosial yang mengumpulkan ‘recehan’ atau uang logam untuk membantu anak-anak putus sekolah baru saja meluncurkan sebuah program baru, ‘Coin-Collecting Tweets’ (CCT). Program CCT hadir atas kerjasama antara Coin A Chance dengan perusahaan minuman ringan Coca Cola. Melalui CCT, para donatur yang berada di luar Jakarta bisa menyalurkan uang receh mereka dengan memasang hashtag #bukasemangatbaru di Twitter. Satu hashtag akan dihargai sekira Rp100.

6. Gempa
Di dalam situs mikroblogging tersebut, setidaknya ada tiga kata kunci yang masuk di dalam daftar paling populer tersebut, yaitu ‘Jakarta’, ‘Gempa’ dan ‘Earthquake. Dan dari ketiganya, kata Earthquake yang masuk paling atas, dengan menempati posisi ke lima. Kejadian gempa yang berlangsung pada bulan Oktober ini langsung menyita perhatian pengguna Twitter.

7. IndonesiaBanget
Pada bulan November, sebuah hashtag secara tidak sengaja terbentuk. Hashtag dengan tajuk #IndonesiaBanget itu menunjukkan keunikan-keunikan Indonesia. Meski tidak sampai menduduki posisi satu namun #IndonesiaBanget cukup puas bertengger di posisi dua. Tidak heran. Pasalnya, hashtag tersebut mampu menghasilkan sekira 8500-an tweet dalam kurun 16 menit.

8. PendetDance
Terdapat tiga hashtag untuk kategori tari Pendet ini di twitter, yaitu #PendetDance, #PendetIndonesia, dan #Bali. Beruntungnya, masing-masing topik tersebut masuk ke dalam 10 besar trending topics di Twitter. Hashtag ini muncul setelah berita mengenai aksi Malaysia yang mengklaim tari Pendet merupakan budaya negeri Jiran tersebut tersebar melalui sebuah video Visit Malaysia. Sontak, warga Twitter langsung memberitahukan kepada dunia melalui Twitter, dengan cara ini.

9. Menculik Miyabi
Oktober silam, film Menculik Miyabi menjadi kontroversi. Pasalnya, film ini benar-benar akan melibatkan bintang porno asal Jepang, Maria Ozawa atau yang lebih dikenal sebagai Miyabi. Meski tidak menduduki posisi teratas, namun hashtag dengan tajuk Menculik Miyabi sempat menduduki posisi 10 besar dalam trending topik di Twitter.

sumber: http://tenapril.com/9-berita-lokal-terpopuler-di-twitter-sepanjang-2009/

 
Copyright Terjago © 2010 - All right reserved