Lirik Lagu Sinopsis Film Gaya Hidup
Blackberry LG Mobile Nokia Samsung Sony Ericsson
Klasemen L.Italia Klasemen L.Inggris Jadwal Liga Italia Jadwal Liga Inggris
Resto Enak di Jakarta Resto Romantis di Jkt Hokben Delivery Bakmi GM Delivery PHD - Pizza Hut
Minggu, 27 Desember 2009 | 20.44 | 0 Comments

10 Berita Kesehatan Terheboh Sepanjang 2009

http://www.tni.mil.id/patriot/200606/kesehatan.jpg

Sepanjang 2009 ada beberapa kasus dan temuan kesehatan yang sempat menjadi polemik dan perhatian publik. Mulai dari ibu yang melahirkan delapan bayi hingga heboh kematian sang Raja Pop, Michael Jackson.

Berita kesehatan apa saja yang menarik perhatian publik? Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari WebMD. Dimulai dari peringkat pertama:

1. Virus Flu Babi Momok Mematikan

Cerita kesehatan paling top tahun ini dimulai pada 21 April lalu saat Centers for Disease Control (CDC) menyelidiki rangkaian virus flu baru pada manusia. Virus H1N1 ini dikhawatirkan akan menyebar cepat ke seluruh penjuru dunia.

Virus ini pada akhirnya sempat menjadi momok menakutkan di Amerika Serikat. Bahkan, Barack Obama, Presiden Amerika Serikat, harus membuat keputusan menutup sekolah di beberapa negara bagian Amerika Serikat hanya untuk mencegah virus ini berkembang.

2: Reformasi Kesehatan

Reformasi di bidang kesehatan menjadi isu utama di Amerika Serikat. Banyak perubahan di bidang kesehatan yang perlu diubah untuk lebih melindungi kepentingan masyarakat Amerika Serikat yang selama ini terabaikan. Saat ini UU tentang reformasi kesehatan masih terus disusun.

3. Produk Selai Kacang Mengandung Salmonella

Di awal 2009, penyelidik kesehatan Minnesota menghubungkan infeksi salmonella misterius dengan produk kacang tanah. Setelah itu ditemukan bahwa semua produk, mulai dari es krim hingga makanan anjing, kemungkinan membawa kacang tanah yang telah terkontaminasi salmonella. Hasil hitungan menyebutkan 3,919 produk ditarik dari pasaran, menyebabkan 714 kasus penyakit di 46 negara bagian dan paling tidak menyebabkan 9 kematian.

Kasus ini juga sempat membuat beberapa pabrik selai kacang tutup karena terus merugi, karena selai kacangnya tidak laku.

4. Kematian Michael Jackson Akibat Propofol

Dunia terhentak dengan kematian King Of Pop Michael Jackson. Keracunan propofol akut dinyatakan sebagai penyebab kematiannya. Obat penenang itu diresepkan oleh dokter pribadi Michael untuk membantunya tidur.

Kematian Michael dituduh sebagai pembunuhan, tetapi tuntutan pidananya belum diajukan. Hingga kini, kasus ini tidak jelas apakah memang Michael Jackson keracunan obat atau sengaja dibunuh.

5. Kematian Farah Fawcet Akibat Kanker

Setelah Michael Jackson, dunia selebritas kembali dihebohkan dengan pemberitaan kematian aktris Farrah Fawcet meninggal di usia 62 akibat kanker anal (dubur). Aktris ini terkenal lewat serial TV Charlies's Angels. Selain Farah Fawcet kematian aktor Patrick Swayze akibat kanker pankreas juga menarik perhatian publik.

6. Kontroversi Mammogram

Sempat menjadi perdebatan akibat pernyataan The US. Preventive Services Task Force yang harus melakukan pemeriksaan rutin mammogram pada perempuan usia 50 dengan risiko rata-rata. Anjuran ini membantah anjuran sebelumnya yang menyatakan pemeriksaan dini kanker payudara dimulai di usia 40. Waktu mulai pemeriksaan diundur karena kerugian seperti paparan radiasi, salah dignosis, penanganan berlebih dan kerugian psikologi dianggap lebih besar dibandingkan manfaatnya. Perubahan ini mendapat banyak kritikan dari kelompok medis lainnya.

7. Masalah Acetaminophen

Berita mengenai acetaminophen, kandungan aktif di dalam tylenol, hangat dibicarakan tahun 2009. Berita menyebutkan bahwa 56,000 kasus kunjungan ke ruang gawat darurat setiap tahun dipicu oleh penggunaan acetaminophen berlebih, sehingga badan pengawas obat dan makanan Amerika (FDA) menganjurkan pengurangan dosis untuk dewasa.

Setiap orang dinyatakan mudah kelebihan acetaminophen karena banyak obat yang dijual di apotek dan obat flu, alergi, sakit kepala dan radang sendi yang diresepkan, mengandung acetaminophen.

8. Lemak Cokelat untuk Turunkan Berat Badan.

Anda bisa menurunkan 4.5 kilogram lemak tiap tahun tanpa berolahraga, jika lemak coklat di tubuh Anda diaktifkan. Peneliti terus mencari cara membuat kandungan lemak cokelat di dalam tubuh semakin aktif.

9. Kemajuan vaksin AIDS

Dalam percobaan yang melibatkan 16,000 laki-laki dan perempuan Thailand, sebuah vaksin HIV hanya menunjukkan sedikit kemajuan dalam melindungi dari infeksi virus AIDS. Para peneliti berharap akan lebih sukses lagi dengan vaksin-vaksin lainnya.

10. Octomom

Keputusan Nadya Suleman, untuk mentransfer 6 embrio ke rahimnya saat dia telah mempunyai enam bayi melalui proses in vitro fertilization (IVF) menjadi kontroversi. Banyak dokter dan bahkan ibunya, Angela Sulaiman, menyatakan keberatan. Tapi Nadia, merasa fit dan memilih meneruskan keputusannya.

Kisah perempuan asal Kalifornia yang sukses melahirkan delapan bayi, karena dua embrio (dari enam embrio yang diimplan) terpisah, ini menjadi bahan perdebatan yang ramai pada 2009.

sumber: http://blognyajose.blogspot.com/2009/12/10-berita-kesehatan-terheboh-sepanjang.html

 
Copyright Terjago © 2010 - All right reserved