Lirik Lagu Sinopsis Film Gaya Hidup
Blackberry LG Mobile Nokia Samsung Sony Ericsson
Klasemen L.Italia Klasemen L.Inggris Jadwal Liga Italia Jadwal Liga Inggris
Resto Enak di Jakarta Resto Romantis di Jkt Hokben Delivery Bakmi GM Delivery PHD - Pizza Hut
Selasa, 06 Oktober 2009 | 22.48 | 0 Comments

15 Oktober Hari cuci tangan sedunia PBB

http://118.98.213.22/aridata_web/e-dukasi/h_10-2.jpg
Hari Cuci Tangan Global PBB pertama diperingati oleh jutaan anak-anak di seluruh dunia dengan mempergunakan sabun dan air untuk mencuci tangan. PBB mengatakan ingin menyebarkan pesan bahwa kebiasaan mudah ini merupakan salah satu cara paling efektif mencegah terjangkit penyakit mematikan. Hampir setengah populasi dunia tidak memiliki sanitasi yang cukup.

'Saat kritis'

Lebih dari 120 juta anak di 70 negara di lima benua diperkirakan berpartisipasi dalam kempanye itu. Jutaan anak itu akan ikut serta dalam lampanye dan niat untuk lebih menerapkan kebiasaan hidup bersih dengan melakukan tindakan kecil dan sederhana, mencuci tangan. "Pesan yang ingin kami sampaikan adalah pentingnya membersihkan tangan dengan air dan sabun secara benar di saat-saat kritis," ujar penasehat program Sanitasi dan Higienis Unicef, Therese Dooley. "Dan saat-saat penting adalah sebelum memasak atau mempersiapkan makanan, sebelum makan dan setelah buang air serta setelah membersihkan bayi". PBB mengatakan mencuci tangan dengan air saja tidak cukup "karena kita tidak menghilangkah kuman". "Kami merekomendasikan mencuci tangan dengan sabun," ujar Dooley. Unicef mengatakan mencuci tangan, khususnya setelah bersentuhan dengan tinja bisa mengurangi penyakit diare hingga lebih dari 40%, dan untuk infeksi pernapasan mencapai 30%. Diare dan penyakit infeksi pernapasan merupakan penyebab utama kematian anak-anak di India. Hampir setengah penduduk di Asia Selatan tidak memilki toilet, sementara di Afrika sub-Sahara, angkanya mencapai 28%. Dengan standar sanitasi yang buruk ini, tidak mengherankan jika anak-anak di wilayah itu mudah terkena diare, hepatitis dan pneumonia - yang sering berakhir dengan kematian, ujar PBB.

Kegiatan ini akan menjadi kegiatan tahunan dan melibatkan banyak negara. Tahun 2008 merupakan pelaksanaan yang pertama kali dan akan menjadikan Indonesia sebagai salah satu dari 20 negara di dunia yang akan melakukan cuci tangan pakai sabun secara serentak pada tanggal 15 Oktober. Negara-negara tersebut adalah: China, Indonesia, India, Bangladesh, Vietnam, Pakistan, dan Filipina di Asia; Madagaskar, Afrika Selatan, Uganda, Kenya, Mesir, Mali dan Ethiopia di Afrika; Kolombia, Peru, Nikaragua, dan Mexico di Amerika Latin, serta negara lain seperti Amerika Serikat dan Inggris.

Bagaimana mencuci tangan? Tidak hanya dengan air saja tetapi yang efektif harus dengan sabun. Inilah petunjuk cara mencuci tangan yang benar dan sehat.
1. Basahi tangan dengan air dan sabun antiseptik, gosok-gosok kedua permukaan telapak tangan.
2. Gosok punggung tangan kiri dengan telapak tangan kanan dan sebaliknya.
3. Jari-jari kedua belah tangan saling digosokkan.
4. Gosok bagian luar jari-jari tangan kiri dengan telapak tangan kanan dan sebaliknya.
5. Gosok seluruh bagian ibu jari satu persatu.
6. Gosokkan jari-jari tangan kanan ke telapak tangan kiri dan sebaliknya.

Kapan wajib mencuci tangan?
1. Sebelum makan.
2. Sesudah dari kamar kecil.
3. Sepulang dari bepergian.
4. Sesudah memegang barang kotor, uang, dan hewan.
5. Sesudah mengganti popok bayi atau menceboki anak.
6. Sebelum menyiapkan makanan atau susu untuk bayi/anak.


Sumber: kaskus.us
 
Copyright Terjago © 2010 - All right reserved